Cara Memasaukkan Kode PHP kedalam HTML - Belajar PHP

hai, pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan dan membahas mengenai bagaimana cara memasukkan kode PHP kedalam kode HTML.html tanapa php hanya akan menjadi interface saja, namun jika php saja tanapa html akan hanya menjadi sebuah program teks saja tanapa interface, karena pada umumnya agar pengguna dapat berinteraksi terhadap program menggunakan form, sedangkan form tersebut dibuat menggunakan html, dan data pada form tersebut dapat direkam dan dikirimkan dengan kode php, jadi kedua bahasa pemprograman ini saling berhubungan dalam membangun sutu program aplikasi website, jika membangun website dinamis.
seperti yang mimin singgung membuat web dinamis dibutuhkannya pengkodean sisi server side dan client side, atau memprogram dengan php sebagai server side dan html sebagai server side, juga dapat dipercantik dengan menambahkan java script. dalam pengkodean pada membangun sebuah projek aplikasi web, biasanya kode html dan php digabung menjadi satu dalam sebuah file dokument php, tentu saja dalam menggabanungkan kode ini ada tata cara nya.

XML Style
xml style, umum yang digunakan orang adalam penggabungan ini dalah pada bagian page tertentu dimasukkan tag pembuaka php <?php kemudian ditutup tag penutup php ?> diantara tag tersebu diisikan kode php, diluar pada tag tersebut diisikan kode html, dan pada sisi client tidak akan ditampilkan isi dati kode php tersebut, kecuali, didalamnya mengandung kode mencetak suatu nilai, misalnya seperti echo. disebut dengan XML Styke karena didasarkan pada tata cara aturan penulisan XML (eXtensible Markup Language).

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title></title>
</head>
<body>
<h1>INI HTML</h1>
<?php 
//isikan dengan kode php
$a=1;
echo "akan dicetak";
?>
<h2>Ini HTML</h2>
</body>
</html>

seperti contoh kode diatas, merupakan salah satu cara memasukkan kode php kedalam html, yang pada umunya digunakan, variabel $a tidak akan dicetak, melainkan yang dicetak adalah kalimat pada echo, walau pada sisi client dilakukan inspect element tidak akan menemukan isi nilai dari variabel $a, hal ini membuktikan bahwa kode PHP hanya berjalan pada aplikasi sisi server, dan html berjalan pada sisi clinet, cara penulisan diatas dinamakan metode XML style, juga terdapat beberapa cara lain dari penyisipan kode php ini.

Metode SGML Style
metode ini memiliki kemiripan dengan standart Generalized Markup Language (SGML), yaitu bahasa markup yang merupakan asal dari  HTML. metode SGML ini menulisakan kode PHP dengan cara menuliskan tanda <? tanpa teks php dan diakhiri ?>.

1
2
3
4
5
<?

   echo "Hello WORD";

?>

metode SGML untuk persi php sekarang ini sudah tidak lagi support.

Metode ASP Style
metode yang digunakan menguti model Active Server Pages (ASP), bahasa pemprogram yang dibuat oleh microsoft. metode ASP menggunakan tag <% dan ditutup dengan tag %>

1
2
3
4
5
<%

   echo "Hello WORD";

%>

Metode Langsung
metode ini merupakan dari metode SGML digabung dengan echo dalam satu tag, tag ini diawali dengan <?= ditutup dengan ?>.

1
katakan <?="hai"?>

cara penulisan diatas sama dengan
1
katakan <?php echo "hai"; ?>

Metode Script Style
metode script style, dengan cara diawali dengan tag <script language='php'> dan tag penutup </script>

1
2
3
<script language="php">
echo "Hello";
</script>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Aplikasi Hitung Nilai Rata - Rata Sederhana Tanpa Database dengan PHP

Cara Membuat Aplikasi Data Siswa Menggunakan Array Push Dengan Bahasa PHP