sintaks dasar PHP yang wajib diketahui dan dipelajari

pertama - tama PHP itu apasih ? dan buat apa kita mempelajarinya ? jadi  PHP adalah bahasa pemprograman yang digunakan untuk membangun atau mengembangkan aplikasi web, yang mengatur pada sisi server atau server-side. PHP merupakan singkatan dari PHP: Hypertext Prepocessor. mempelajari PHP untuk menguasai bahasa pemprograman Web, selain request tergolong banyak dipasaran pengembangan dengan pemprograman PHP ini tergolong mudah, opensource dan dalam pengembangannya cepat, bahkan sekarang sudah ada beberapa framerowk - framework PHP sehingga para pengembang atau programer dimudahkan dalam pembangunan aplilkasi, sehingga tidak memulai dari 0 lagi.

dokumen PHP secara default memiliki ekstensi .php. dalam memulai pembuatan program berbasis PHP, mengguankan tag"<?php" sebagai pembuka dan tag "?>" sebagai penutup. sebagai contoh menampilkan kalimat hello word .

<?php 
echo "hello word"
?>

tag php dapat digunakan sekali atau beberapa kali dala satu file sesuai kebutuhan, tag php juga dapat dikombinasi bersamaan dengan bahasa HTML. dalam sejauh ini telah berhasil dalam membuat kalimat "hello word", sebelum melangkah ketahap yang lebih jauh alangkah baiknya kita mengenal aturan penulisan sintak PHP terlebih dahulu.

penulisan komentar

komentar dalam php dapat berperan sebagai penjelasan - penjelasan atau dokumentasi dari skrip yang telah dibuat, dan bagian ini tidak dieksekusi oleh browser. dalam pembuatan komentar dapat melakukannya dengan menambahkan dua buah garis miring pada awal baris yang dijadikan komentar.

//ini komentar pada PHP
//baris ini tidak dieksekusi oleh browser
jika komentar lebih dari satu baris dapat menggunakan tanda bintang (*) dan garis miring.
/* ini adalah komentar php
   lebih dari satu baris
   yang tidak akan sieksekusi */

simbol $

dalam pepmbuatan dan penulisan program pasti tidak lepas dari variabel. pada penulisan program PHP simbol dolar ($) digunakan untuk pendeklerasian variabel, variabel angka, string maupun array.

<?php
  $nomer = 1;
  $kalimat = "Hello Word";
  $buah = array("mangga","duren","leci");
?>

titk koma

penulisan baris perintah dalam php harus diakhiri dengan titik koma.

$kalimat = "Hello Word";

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Aplikasi Hitung Nilai Rata - Rata Sederhana Tanpa Database dengan PHP

Cara Membuat Aplikasi Data Siswa Menggunakan Array Push Dengan Bahasa PHP

Cara Memasaukkan Kode PHP kedalam HTML - Belajar PHP