Form & PHP - Belajar PHP

pada kali ini mimin akan membahas mengenai Form, jadi apa itu form? form  merupakan bentuk dari halaman web untuk menerima masukan dari pengguna, kemudian data tersebut diolah secara serverside menggunakan bahasa PHP atau pada client side mengguankan bahasa Java Script. tanpa input dari user, nilai yang diproses oleh php merupakan nilai yang telah dituliskan pada kode program. dengan memanfaatkan form, nilai yang ada pada code dapat menjadi dinamis dan dapat diatur oleh pengguna.

membuat form secara sederhana dapat menggunakan HTML saja, tapi dapat ditambahkan CSS dan JavaScript jika ingin memperindah tampilan pada HTML. jika menyimpan file form dengan ekstensi HTML maka hanya akan menampilkan tampilan form dan tidak dapat melakukan aksi yang diinginkan, berbeda ketika disimpan pada ekstensi .php, ketika dijalankan akan menampilkan form yang dibuat dan juga dapat berjalan ketika aksi tertentu dilakukan, sebagai misal ketika membuat form login, jika disimpan dengan ekstensi .html maka akan hanya menampilkan halaman login dan tidak dapat melakukan aksi login, namun jika disimpan menggunakan ekstensi .php ketika dijalankan bukan hanya menampilkan form login namun juga dapat melakukan aksi - aksi yang dilakukan dalam form tersebut, seperti menekan tombol login, akan diarahkan kepada page tertentu.

pembuatan form diawali dengan tag <form> dan diakhiri dengan tag </form>. di dalam tag form terdapat dua buah tribut yang harus dipahami agar form dapat mengirimkan data dengan semestinya dan sesuai. action tersebut berupa action dan method

  • action, atribut ini digunakan untuk mengatur file yang akan menerima data input atau nilai dari form.
  • method, atribut ini digunakan untuk mengatur metode pengiriman data dari form ke file php selanjutnya, ada dua method yang dapat digunakan yaitu Get dan Post, dari kedua method tersebut memiliki perbedaan
method get, dengan method ini data yang dikirimkan akan menempel/lewat url, dengan demikian data yang dikirimkan akan terlihat pada kotak url bar browser. tentusaja dengan method ini jika form tersebut mengandung suatu data yang rahasisa misalnya seperti password, method ini tidak disarankan untuk dipakai. berikut contoh form menggunakan method get
<form method="get" action="output.php">
Nama : <input type="text" name="nama"><br>
Email : <input type="text" name="email"><br>
<input type="submit" name="submit" value="submit">
</form>

data yang telah disikan akan dikirim lewat url, jika dilihat pada bar url browser akan tercantum isian data yang telah diisikan pada form.
untuk mengambil data tersebut menggunakan variabel $_GET['atribut_name'], array pada variabel $_GET[] disikan atribut name dari atribut name dari inputan form, sebagai contoh pada form menggunakan code <input type='text' name ='nama'> maka isi array pada variabe get menjadi $_GET['nama'].


<?php
echo "nama anda adalah : ".$_GET['nama']."<br>";
echo "email anda : ".$_GET['email'];
?>

selain data yang diinputkan ditampilkan pada bar url, kelemahan dari method get juga terlekan dari jumlah maksimal nilai yang dapat dikirimkan, yaitu hanya 1024 karakter.

method post, method ini berbeda dengan dengan method get, dengan method ini data tidak akan dikirimkan lewat url, sehingga kerahasisan data dari form akan lebih terjamin, dan data yang dapat ditampungnya juga besar lebih dari method get.


<form method="post" action="output.php">
Nama : <input type="text" name="nama"><br>
Email : <input type="text" name="email"><br>
<input type="submit" name="submit" value="submit">
</form>

bada bar url data tidak akan ditampilkan.
untuk mencetak data yang dikirimkan dapat menggunakan variabel $_POST[], sama halnya seperti get, didalam array post disiisikan atribut name dati inputan.

<?php
echo "nama anda adalah : ".$_POST['nama']."<br>";
echo "email anda : ".$_POST['email'];
?>

memanfaatkan variabel superglobal
selain menggunakan variabel $_GET dan $_POST, juga terdapat variabel superglobal  $_REQUEST['atribut_name'], variabel super global ini dapat digunakan pada kedua methode get ataupun post, cara penggunaan variabel ini tidak berbeda dari get ataupun post


<?php
echo "nama anda adalah : ".$_REQUEST['nama']."<br>";
echo "email anda : ".$_REQUEST['email'];
?>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Aplikasi Hitung Nilai Rata - Rata Sederhana Tanpa Database dengan PHP

Cara Membuat Aplikasi Data Siswa Menggunakan Array Push Dengan Bahasa PHP

Cara Memasaukkan Kode PHP kedalam HTML - Belajar PHP